Sunday, 26 May 2019
SMAN 7 Surakarta – v.0.1

Sisma Sapta Jaya Sukses Rebut Tiket untuk Mewakili Kota Surakarta di Tingkat Eks-Karesidenan

TIPES – Paskibra SMA Negeri 7 Surakarta yang dikenal dengan Sisma Sapta Jaya baru-baru ini mengikuti ajang lomba baris berbaris yang diadakan oleh Dikpora. Lomba yang dilaksanakan pada tanggal 17-18 Oktober 2018 itu bertempat di Universitas Slamet Riyadi (UNISRI).

Dalam mempersiapkan lomba ini, peserta yang berjumlah 17 peserta dan dipimpin seorang komandan pleton, sudah dibiasakan melakukan latihan dasar, selama beberapa minggu sebelum lomba berlangsung.

Sisma Sapta Jaya/Doc. AnakAnung

“Latihan dasar biasanya pemanasan seperti lari sekitar 15 putaran, push up sebayak kurang lebih 5 set atau biasanya disebut 50 kali push up dalam setiap pemanasan, setelah pemanasan, para peserta lomba diberikan water break selama 5 menit lalu dilanjutkan lagi latihan inti untuk persiapan lomba,” ujar Ridhwan selaku danton.

Lebih lanjut Michele Carroline Santosa yang tergabung dalam anggota Sisma Sapta Jaya menyatakan “Latihan dilakukan sekitar 3 minggu sebelum lomba berlangsung, latihan yang biasanya dilakukan secara berkala. Kalau pagi biasanya sekitar jam 10.00 sampai 12.30 WIB. Kalau siang biasanya mulai jam 13.30 sampai jam 17.00 WIB.”

Sisma Sapta Jaya/Doc. AnakAnung

“Latihan itu biasanya dilakukan di lapangan basket di SMA Negeri 7 Surakarta ataupun di halaman parkir Lotte Mart, Tipes,” ujar Fara Cahyawati, seorang pelatih tim. Tim pelatih terdiri dari Annisa Aulia Putri dari kelas XI MIPA 2, Anak Anung Wikan dari kelas XI MIPA 2, dan Adabun Nabawy Tossi dari kelas XI MIPA 3 serta beberapa alumni dari tim Sisma Sapta Jaya pada tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Menurut Ridhwan, kegiatan ini dapat Melatih kepercayaan dalam diri kita, lalu membuat tekad agar bisa menang dengan latihan dengan keras, serta jangan pernah merasa ragu atas semua gerakan yang dilakukan. Perasaan yang muncul setelah lomba berlangsung dan diumumkan sebagai pemenang lomba. “Perasaannya itu senang, terharu sekaligus merasa bangga pada diri sendiri dan anggota yang lain,” imbuh Hanif Mahda Bilhaq, peserta lomba Sisma Sapta Jaya.

Berikut hasil perolehan piala Sisma Sapta Jaya yaitu kategori variasi memperoleh juara pertama dengan total nilai 179,67 dan kategori lomba PBB memperoleh juara pertama dengan total nilai 137,20. Ke depan, Sisma Sapta Jaya akan mewakili kota untuk melanjutkan ke tingkat eks-karesidenan. (Zaini M/Pradita AP)

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

SMAN 7 Surakarta – v.0.1