Sunday, 17 November 2019
SMAN 7 Surakarta – v.0.1

Pesantren Kilat 1440H

Kegiatan Pesantren Kilat 1440 H/Doc.Maryatun

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, SMA Negeri 7 Surakarta menggelar kegiatan pesantren kilat yang berlangsung selama 2 hari tanggal 22 sampai 23 Mei 2019 di Asrama Haji Donohudan  Jl. Embarkasi H., Ngemplak, Gagaksipat, Kec. Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kegiatan diikuti siswa beragama Islam kelas X dan XI dan guru karyawan. Kegiatan yang berlangsung di pesatren kilat antara lain manasik haji, ESQ, lomba – lomba, serta masih banyak lagi kegiatan positif lainnya.

Mengingat Rasul dengan Mencari Bahagia yang Terlupa

Mengingat Rasul dengan Mencari Bahagia yang Terlupa/Doc. Maryatun

TIPES – SMA Negeri 7 Surakarta mengadakan pengajian untuk memperingati Isra Mikraj bertajuk ‘Mencari Bahagia Yang Terlupa’ dibimbing oleh Ust. Aziz Ma’arif, Selasa (9/4). Dalam pengajian kali ini Ust. Aziz Ma’arif menceritakan berbagai cerita yang dapat kita teladani, contohnya cerita seorang anak yang sangat pandai ketika umur 7 tahun sudah dapat membaca ayat suci Alquran, cerita ini dapat menginspirasi kita sebagai umat muslim untuk selalu mencintai, membaca, menghafalkan serta mengamalkan firman Allah tersebut.

Ada pula kisah yang membuat kita semua terenyuh ketika mendengarnya yaitu cerita ketika Abu Jahal, Abu Lahab dan Abu Sofyan yang kala itu sangat terkenal kekafirannya menangis ketika mendengar Nabi Muhammad Saw yang sedang membacakan ayat suci Alquran. Ini membuktikan bahwa semua umat dapat serasa terhipnotis ketika mendengar bacaan Alquran baik muslim maupun non muslim.

Salah seorang peserta pengajian pun menyampaikan keinginannya untuk pengajian yang akan datang, “Saya berharap tahun depan diadakan pengajian seperti ini lagi. Selain bermanfaat untuk masa depan kita juga dapat menambah wawasan,” ujar siswi kelas X MIPA 3 yang akrab disapa, Septia.

Ia juga mengutarakan sarannya untuk pengajian yang mungkin akan dilaksanakan kembali
“Panitia semoga lebih baik dalam mengatur para peserta agar suasananya kondusif,” lanjutnya.

Adelia selaku salah satu panitia memberikan tanggapannya tentang pengajian kali ini “Alhamdulillah, untuk pengajian isra mikraj di SMA Negeri 7 ini udah mau ngadain pengajian yang seperti ini. Alhamdulillah, ustadnya juga lumayan komunikatif jadi ada ceritanya juga dan sering mengajak peserta bercengkrama. Pesertanya sebenarnya kadang kurang memperhatikan, lalu untuk isi pengajiannya bagus jadi nyeritain bukan hanya tentang kejadian isra mikraj nya tapi juga nyeritain kejadian lain tentang isra mikraj yang perlu kita ingat dan perlu kita pelajarin lagi. Intinya dengan pengajian isra mikraj kali ini Insyaallah Alhamdulillah bisa menambah wawasan kita dan bisa ngingetin kita tidak hanya melulu dengan pelajaran saja.” Ujarnya lengkap (Pradita AP dan Zainiyah)

Persiapan Matang UNBK, Hari Pertama Lancar

CBT UNBK/Doc.Galih

TIPES – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. UNBK akan serentak dilaksanakan oleh SMA/SMK/MA/SLTA se-Indonesia.

Tak terkecuali di SMA Negeri 7 Surakarta yang turut andil dalam pelaksanaan ujian nasional tersebut. Tidak kurang dari 332 siswa siap mengerjakan soal-soal UNBK secara mandiri pada tanggal 1, 2, 4, & 8 April 2019 yang tinggal menghitung hari.

Dengan tersedianya 120 komputer siap pakai di tiga Laboratorium Komputer diharapkan dapat memperlancar kegiatan UNBK tanpa adanya kendala. Pun dengan para pengawas silang penuh antar sesama SMA se-derajat di Solo yang siap mengawal keberlangsungan ujian.
Terdapat 4 (empat) mata pelajaran yang akan diujikan dalam UNBK. Yakni Bahasa Indonesia di hari pertama, Matematika di hari Selasa, Bahasa Inggris di hari Kamis, dan mata pelajaran pilihan (Jurusan MIPA : salah satu dari Biologi, Fisika, dan Kimia. Sedangkan Jurusan IPS : salat satu dari Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi) pada hari terakhir.
UNBK terbagi dalam tiga sesi waktu pengerjaan, yaitu :
- Sesi 1 : 07.30-09.30 WIB.
- Sesi 2 : 10.30-12.30 WIB.
- Sesi 3 : 14.00-16.00 WIB.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum Aniek Windrayani S.Pd, M.Pd. menuturkan bahwa ujian nasional bukan penentu kelulusan, tetapi pemetaan peringkat sekolah. “Untuk mempersiapkan UNBK agar berhasil dengan baik, maka sekolah mengadakan jadwal khusus menjelang UNBK sejak tanggal 22-29 Maret 2019. Yaitu dengan dibuatnya kelas khusus dimana mata pelajaran Biologi dalam 4 kelas dengan jumlah total 124 siswa, Fisika 2 kelas diikuti 62 siswa, Kimia 1 kelas dengan 11 siswa, Ekonomi 1 kelas diikuti 38 siswa, Geografi 1 kelas dengan 16 siswa, dan Sosiologi 2 kelas diikuti oleh 81 siswa.” Tambah wanita kelahiran tahun 1973 itu.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK hari pertama ini, telah dimonitoring langsung oleh Direktorat Pembina SMA, Drs. Wasito, M. Si. memantau secara langsung pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 7 Surakarta.

SMAN 7 Surakarta – v.0.1

Warning: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php5) in Unknown on line 0