Monday, 18 March 2019
SMAN 7 Surakarta – v.0.1

HUT SMOEPHY KE 34

Bulan November merupakan bulan istimewa untuk SMA Negeri 7 Surakarta, karena pada tanggal 19 bulan November SMA Negeri 7 Surakarta merayakan Ulang Tahun. Untuk tahun ini SMA Negeri 7 Surakarta berusia 34.

HUT SMOEPHY ini berlangsung dengan banyak lomba dan acara – acara seru. Pada tanggal 16 November sudah berlangsung  lomba tanaman hias, estafet permainan tradisional, dan kebersihan kelas yang sebelumnya tanggal 14 November ada seleksi putra dan putri Smoephy. Kemudian pada hari Senin tanggal 19 November pagi dilaksanakan acara jalan sehat dengan pemotongan tumpeng pelepasan balon dan merpati, donor darah, yel-yel kelas dan penilaian kreasi kaos serta maskot kelas. Setelah itu, pada siang harinya acara pensi dengan menampilkan band – band dan kegiatan ektrakulikuler yang ada di SMA Negeri 7 Surakarta, dan malam harinya menampilkan finalis putra dan putri smoephy, dan band alumni.

Untuk puncak acara HUT SMOEPHY pada hari Sabtu tanggal 24 November 2018 menampilkan pertunjukkan wayang kulit yang bertempat di depan SMA Negeri 7 Surakarta. Pertunjukkan wayang kulit ini dibawakan oleh dalang Ki Warseno Slenk dengan judul “Srikandi Mustikaning Wanita”.

lomba estafet/Doc.Marcel

 

Persiapan jalan sehat/Doc.Saddemsi

 

Donor darah/Doc.Martini

 

lomba yel - yel/Doc.Maryatun

lomba yel – yel/Doc.Maryatun

 

Penampilan alumni Ollarossa/Doc.Marcel

Penampilan alumni Ollarossa/Doc.Marcel

 

Pagelaran Wayang Kulit/Doc.Sriyatno

Pagelaran Wayang Kulit/Doc.Sriyatno

 

 

UPACARA HARI PAHLAWAN

Hari Pahlawan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari ini untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Di SMA Negeri 7 Surakarta, tepat tanggal 10 November 2018 mengadakan upacara bendera untuk memperingati hari Pahlawan, dengan membina upacara Ibu Kepala SMA Negeri 7 Surakarta Ibu Dra. AD. Gayatri, M.Pd, MM dan petugas upacara Sisma Sapta Jaya. Upacara hari pahlawan berlangsung tertib dan khimat.

Wayang menjadi Sajian Puncak HUT Smoephy

TIPES – Wayang merupakan seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pada 7 November 2003, UNESCO telah menetapkan wayang sebagai sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur.
Pada Sabtu (24/11) telah sukses digelar pertunjukkan wayang kulit yang bertempat di Jalan Mr. Moh. Yamin, tepatnya di depan SMA Negeri 7 Surakarta.
Persiapan dilakukan sejak pagi hari dimulai dengan penutupan jalan, pembangunan panggung, dan masih banyak lagi. .

wayangan HUT SMAN 7 Surakarta/Doc. Sriyatno

wayangan HUT SMAN 7 Surakarta/Doc. Sriyatno

 

Acara ini dihadiri oleh Wakil Walikota Solo, Kepala BP2MK, serta Kepala Sekolah SMA Negeri se-Surakarta. Tak ketinggalan turut hadir pula Camat Serengan, Lurah Tipes, Ketua RW dan RT lingkungan SMA Negeri 7 Surakarta, Kapolres Surakarta, Kapolsek Serengan, dan KADISHUB Surakarta, serta masyarakat umum yang turut andil dalam memeriahkan pagelaran wayang kulit.
Pada kesempatan kali ini pagelaran wayang kulit mengambil judul “Srikandi Mustikaning Wanita” yang dibawakan oleh seorang dalang ternama bernama Ir. Warseno Hardjodarsono, M.Si. atau lebih dikenal dengan Ki Warseno Slenk yang juga merupakan Ketua Komite SMA Negeri 7 Surakarta yang juga berkolaborasi dengan sang putra, Amar Pradopo. .
Pria kelahiran 18 Juni 1965 tersebut telah dikenal oleh masyarakat luas baik dalam negeri maupun luar negeri lewat karya karyanya terutama di bidang perwayangan. Ia merupakan seorang akademikus di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. .
Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Surakarta dan dilanjutkan oleh staf bidang keuangan Ir. Lilik Saptyanto mewakili Walikota Solo.
Pertunjukkan berjalan lancar dan berlangsung dengan sangat meriah disambut antusiasme warga membludak sampai pukul 03.30 WIB. Aufa Daffa L/Defitria KA

SMAN 7 Surakarta – v.0.1