Wednesday, 23 January 2019
SMAN 7 Surakarta – v.0.1

Musyawarah Ambalan Mr. Muh. Yamin dan R.A. Kartini Tahun 2019

Pada hari Sabtu tanggal 5 Januari 2019, di Aula Grha Sapta Jaya, Dewan Ambalan Mr. Muh. Yamin dan R.A. Kartini SMA Negeri 7 Surakarta mengadakan Musyawarah Ambalan Mr. Muh. Yamin dan R.A. Kartini Tahun 2019 dengan tujuan mengevaluasi dan menetapkan diterima atau ditolaknya laporan pertanggungjawaban dari Dewan ambalan gugus depan SMA Negeri 7 Surakarta yang sedang menjabat, menetapkan program kerja dan kepengurusan dewan ambalan gugus depan SMA Negeri 7 Surakarta untuk satu periode jabatan kedepan dan membahas dan mengevaluasi penerapan adat istiadat ambalan gugus depan SMA Negeri 7 Surakarta.

Penyerahan palu sidang dari kamabigus/yang mewakili kepada Pradana/Dok.pramuka

 

Musyawarah Ambalan Mr. Muh. Yamin dan R.A. Kartini Tahun 2019/Doc.pramuka

 

Penutupan Musyawarah Ambalan Mr. Muh. Yamin dan R.A. Kartini Tahun 2019/Doc.pramuka

 

HUT SMOEPHY KE 34

Bulan November merupakan bulan istimewa untuk SMA Negeri 7 Surakarta, karena pada tanggal 19 bulan November SMA Negeri 7 Surakarta merayakan Ulang Tahun. Untuk tahun ini SMA Negeri 7 Surakarta berusia 34.

HUT SMOEPHY ini berlangsung dengan banyak lomba dan acara – acara seru. Pada tanggal 16 November sudah berlangsung  lomba tanaman hias, estafet permainan tradisional, dan kebersihan kelas yang sebelumnya tanggal 14 November ada seleksi putra dan putri Smoephy. Kemudian pada hari Senin tanggal 19 November pagi dilaksanakan acara jalan sehat dengan pemotongan tumpeng pelepasan balon dan merpati, donor darah, yel-yel kelas dan penilaian kreasi kaos serta maskot kelas. Setelah itu, pada siang harinya acara pensi dengan menampilkan band – band dan kegiatan ektrakulikuler yang ada di SMA Negeri 7 Surakarta, dan malam harinya menampilkan finalis putra dan putri smoephy, dan band alumni.

Untuk puncak acara HUT SMOEPHY pada hari Sabtu tanggal 24 November 2018 menampilkan pertunjukkan wayang kulit yang bertempat di depan SMA Negeri 7 Surakarta. Pertunjukkan wayang kulit ini dibawakan oleh dalang Ki Warseno Slenk dengan judul “Srikandi Mustikaning Wanita”.

lomba estafet/Doc.Marcel

 

Persiapan jalan sehat/Doc.Saddemsi

 

Donor darah/Doc.Martini

 

lomba yel - yel/Doc.Maryatun

lomba yel – yel/Doc.Maryatun

 

Penampilan alumni Ollarossa/Doc.Marcel

Penampilan alumni Ollarossa/Doc.Marcel

 

Pagelaran Wayang Kulit/Doc.Sriyatno

Pagelaran Wayang Kulit/Doc.Sriyatno

 

 

UPACARA HARI PAHLAWAN

Hari Pahlawan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari ini untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Di SMA Negeri 7 Surakarta, tepat tanggal 10 November 2018 mengadakan upacara bendera untuk memperingati hari Pahlawan, dengan membina upacara Ibu Kepala SMA Negeri 7 Surakarta Ibu Dra. AD. Gayatri, M.Pd, MM dan petugas upacara Sisma Sapta Jaya. Upacara hari pahlawan berlangsung tertib dan khimat.

Wayang menjadi Sajian Puncak HUT Smoephy

TIPES – Wayang merupakan seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pada 7 November 2003, UNESCO telah menetapkan wayang sebagai sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur.
Pada Sabtu (24/11) telah sukses digelar pertunjukkan wayang kulit yang bertempat di Jalan Mr. Moh. Yamin, tepatnya di depan SMA Negeri 7 Surakarta.
Persiapan dilakukan sejak pagi hari dimulai dengan penutupan jalan, pembangunan panggung, dan masih banyak lagi. .

wayangan HUT SMAN 7 Surakarta/Doc. Sriyatno

wayangan HUT SMAN 7 Surakarta/Doc. Sriyatno

 

Acara ini dihadiri oleh Wakil Walikota Solo, Kepala BP2MK, serta Kepala Sekolah SMA Negeri se-Surakarta. Tak ketinggalan turut hadir pula Camat Serengan, Lurah Tipes, Ketua RW dan RT lingkungan SMA Negeri 7 Surakarta, Kapolres Surakarta, Kapolsek Serengan, dan KADISHUB Surakarta, serta masyarakat umum yang turut andil dalam memeriahkan pagelaran wayang kulit.
Pada kesempatan kali ini pagelaran wayang kulit mengambil judul “Srikandi Mustikaning Wanita” yang dibawakan oleh seorang dalang ternama bernama Ir. Warseno Hardjodarsono, M.Si. atau lebih dikenal dengan Ki Warseno Slenk yang juga merupakan Ketua Komite SMA Negeri 7 Surakarta yang juga berkolaborasi dengan sang putra, Amar Pradopo. .
Pria kelahiran 18 Juni 1965 tersebut telah dikenal oleh masyarakat luas baik dalam negeri maupun luar negeri lewat karya karyanya terutama di bidang perwayangan. Ia merupakan seorang akademikus di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. .
Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Surakarta dan dilanjutkan oleh staf bidang keuangan Ir. Lilik Saptyanto mewakili Walikota Solo.
Pertunjukkan berjalan lancar dan berlangsung dengan sangat meriah disambut antusiasme warga membludak sampai pukul 03.30 WIB. Aufa Daffa L/Defitria KA

Olarosa Guest Star di “Coachella” Smoephy

TIPES – Puncak acara HUT SMA Negeri 7 Surakarta, Senin (19/11) mengusung konsep yang tak biasa. M. Reihan Ascha, ketua panitia pelaksanaan acara ini mengungkapkan, konsep untuk acara hari Senin (19/11) adalah Coachella yang terinspirasi dari gelaran musik dari Amerika Serikat. “Teman-teman diharapkan menggunakan outfit yang sesuai dengan tema yang kita usung. Selain itu, acara ini juga melibatkan alumni SMA Negeri 7 Surakarta. Kita mengundang kak @olarosaa yang juga sebagai jebolan Indonesian Idol 2012 untuk jadi Guest Star kita.”

Sementara itu, Menurut ketua panitia puncak acara hari Senin (19/11) Reni Ernawati mengungkapkan, “Tema acara HUT Ke-34 ini adalah Smoephy Berprestasi, Berbudaya, dan Berkarya. Untuk rangkaian acara kita susun sedemikian rupa dari tanggal 16, 19, dan puncaknya pada tanggal 24 November 2018. Untuk hari ini acara intern yang semua pelaksanaannya dilakukan oleh OSIS Sapta Jaya. Untuk hari Sabtu (24/11) kita akan mengadakan pagelaran wayang dengan dalang Ki Ir. Warsino Slenk, M. Si Lakon Srikandi Mustikanig Wanita.”

Lomba Yel – yel / Doc. Marcel

Acara yang telah dilaksanakan dari pagi hari ini meliputi, acara jalan sehat, yel-yel kelas dan penilaian kreasi kaos serta maskot kelas, lomba kebersihan. SMA Negeri 7 Surakarta juga mengundang perwakilan sekolah SMA Negeri 1 dan 3 Surakarta untuk tampil di pagelaran tersebut.

“Kita akan menampilakan berbagai bintang tamu, seperti DJ Naufal, band Arkalara, dan alumni yang sudah sukses dibidang musik,” ungkap pelajar yang duduk di kelas XI IPS 2 ini. Tidak lupa acara ekstrakurikuler turut tampil menyemarakkan kegiatan tersebut.

Penampilan Olarossa /Doc. Marcel

 

Sebagai puncak acara gelaran tersebut menampilan beberapa alumni yang berkarir dibidang seni seperti Nathan, Violista, dan Isidora yang secara beruntun menyanyikan lagu mengantarkan Olarosa tampil. Wanita bernama lengkap Maria Rosalia Yola Detta itu membawakan 10 lagu dengan lagu penutup Dia dari Maliq & D’ Essentials. (cln)

SEMARAK HUT 34 SMOEPHY, BERPRESTASI, BERKARYA, DAN BERBUDAYA

TIPES- Jumat, 16 November 2018 OSIS SMA Negeri 7 Surakarta mengadakan lomba untuk memperingati HUT SMA Negeri 7 Surakarta. Lomba yang diadakan seperti lomba tanaman hias, estafet permainan tradisional, dan kebersihan kelas. Pada pagi hari sudah dilakukan pembukaan lomba dan pembinaan untuk pelaksanaan lomba.

Pelaksanaan lomba tersebut berjalan lancar dan sangat meriah. Lomba yang paling ditunggu-tunggu ialah lomba estafet permainan tradisional yg meliputi bakiak, goyang balon, balap karung, dan estafet keset. Semua orang tertawa melihat peserta lomba yang berjatuhan saat mengikuti lomba. Dalam lomba ini diambil 1 pemenang dari kubu wanita dan kubu laki-laki.

Lomba estafet / Doc. Marcel

Lomba estafet / Doc. Marcel

Ada lagi lomba yang tak kalah menarik yaitu lomba tanaman hias dan kebersihan kelas, beberapa siswa sibuk melukis 3 pot bunga semenarik mungkin dan beberapa siswa lain sibuk membersihkan kelasnya sebersih mungkin.

Aspek yang dinilai dari lomba-lomba yang dilaksanakan ialah (estafet permainan tradisional) kebersamaan, kekompakan, (kebersihan) keindahan, kelengkapan, kebersihan, kerapian, (tanaman hias) keindahan.

Berikut pemenang dari lomba yang diadakan tanggal 16 November 2018 itu,
Estafet putra :
1. X ips 2
2. Xii mipa 3
3. X mipa 1
Estafet putri :
1. Xi ips 2
2. Xii ips 1
3. X mipa 5
Yel-yel :
1.Xii mipa 3
Kebersihan :
1.X mipa 4
2.Xi mipa 6
3.X mipa 3
Kaos :
1.Xi ips 3
2.Xii mipa 3
3.Xi mipa 2
Maskot :
1.Xii mipa 6
2.Xii mipa 1
3.Xi mipa 3
Putra Smoephy Rajesh Singh (X.MIPA1)
Putri Smoephy Maura adisti (XI MIPA 6)

(Pradita AP/Zaini M)

HUT SMOEPHY

HUT SMOEPHY #P34CE

Latihan Keras, Antarkan Bela ke Podium Se-Asia Tenggara

TIPES- Juara 3 lomba pelajar karate tingkat Asia Tenggara UNY cup 2018 Yogyakarta yang diselenggarakan pada tanggal 26-28 Oktober 2018 kini disematkan kepada Setya Bela Saputri. Gadis yang kerap disapa Bela ini mulai menyukai olahraga karate karena menurutnya olahraga itu menantang mental dan membuatnya lebih berani juga percaya diri. Ia menyukai olahraga karate sejak SMP, sebelum memilih olahraga karate ia terlebih dahulu menyukai olaharaga taekwondo.

Setya Bela Saputri Juara 3 lomba pelajar karate tingkat Asia Tenggara UNY cup 2018/Doc. SugengR

Bela melakukan latihan hanya di sekolah (SMA Negeri 7 Surakarta) bersama pelatih serta kawan-kawannya saja. Bela juga tidak banyak mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba tingkat Asia Tenggara itu. “Latihan fisiknya seperti lari dan latihan-latihan dasar atau teknik karate.” tuturnya.

Kesulitanpun juga menyelimuti Bela dalam lomba karate kali ini. “Kesulitannya lawan saya pada saat lomba itu dari dojo yang latiannya itu keras sekali, beda sama saya yang latihan hanya di sekolah dengan waktu yang terbatas.” imbuh gadis yang duduk di kelas XII MIPA 1 itu.

Namun Bela tak putus semangat dalam menghadapi lawannya yang mempersiapkan diri lebih keras darinya. Ia tetap berusaha sebaik mungkin dalam lomba ini, yang akhirnya membuatnya berhasil meraih juara ketiga. (Zaini/Pradita)

Penarikan Mahasiswa Magang

Setelah 2 bulan melakukan magang di SMA Negeri 7 Surakarta, pada hari Senin tanggal 5 Nopember 2018 sebanyak 23 mahasiswa magang UNS ditarik kembali dari SMA Negeri 7 Surakarta. Penarikan dari UNS diwakili oleh Prof. Sulistya Saputro, M.Si, Ph.D selaku Koordinator dosen pembimbing.

Proses penarikan mahasiswa magang/Doc. Sytno

 

Proses penarikan mahasiswa magang/Doc. Sytno

 

Penarikan mahasiswa magang/Doc. Sytno

LDK ROHIS

LDK adalah Latihan Dasar Kepemimpinan yang di adakan ROHIS SMA Negeri 7 Surakarta. LDK Rohis bertujuan untuk terbentuknya kepengurusan ROHIS SMA N 7 Surakarta yang baru sebagai pemegang tongkat estafet dakwah di SMA Negeri 7 Surakarta, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa-siswi SMA Negeri 7 Surakarta, meningkatkan ukhuwah islamiyah siswa-siswi SMA Negeri 7 Surakarta, meningkatkan dakwah islamiyah di lingkungan SMA Negeri 7 Surakarta, meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan agama islam dan menyusun kembali struktur pondasi ROHIS SMA N 7 Surakarta. Kegiatan LDK ini berlangsung dari Sabtu-Minggu, 3-4 November 2018 di Villa Bu Yanti Tawangmangu.

Acara LDK Rohis/Doc.Aniek

 

Outbond LDK Rohis/Doc. Jsy

 

Penutupan LDK Rohis/Doc. Jsy

Next Page »

SMAN 7 Surakarta – v.0.1