Sunday, 26 May 2019
SMAN 7 Surakarta – v.0.1

Mengingat Rasul dengan Mencari Bahagia yang Terlupa

Mengingat Rasul dengan Mencari Bahagia yang Terlupa/Doc. Maryatun

TIPES – SMA Negeri 7 Surakarta mengadakan pengajian untuk memperingati Isra Mikraj bertajuk ‘Mencari Bahagia Yang Terlupa’ dibimbing oleh Ust. Aziz Ma’arif, Selasa (9/4). Dalam pengajian kali ini Ust. Aziz Ma’arif menceritakan berbagai cerita yang dapat kita teladani, contohnya cerita seorang anak yang sangat pandai ketika umur 7 tahun sudah dapat membaca ayat suci Alquran, cerita ini dapat menginspirasi kita sebagai umat muslim untuk selalu mencintai, membaca, menghafalkan serta mengamalkan firman Allah tersebut.

Ada pula kisah yang membuat kita semua terenyuh ketika mendengarnya yaitu cerita ketika Abu Jahal, Abu Lahab dan Abu Sofyan yang kala itu sangat terkenal kekafirannya menangis ketika mendengar Nabi Muhammad Saw yang sedang membacakan ayat suci Alquran. Ini membuktikan bahwa semua umat dapat serasa terhipnotis ketika mendengar bacaan Alquran baik muslim maupun non muslim.

Salah seorang peserta pengajian pun menyampaikan keinginannya untuk pengajian yang akan datang, “Saya berharap tahun depan diadakan pengajian seperti ini lagi. Selain bermanfaat untuk masa depan kita juga dapat menambah wawasan,” ujar siswi kelas X MIPA 3 yang akrab disapa, Septia.

Ia juga mengutarakan sarannya untuk pengajian yang mungkin akan dilaksanakan kembali
“Panitia semoga lebih baik dalam mengatur para peserta agar suasananya kondusif,” lanjutnya.

Adelia selaku salah satu panitia memberikan tanggapannya tentang pengajian kali ini “Alhamdulillah, untuk pengajian isra mikraj di SMA Negeri 7 ini udah mau ngadain pengajian yang seperti ini. Alhamdulillah, ustadnya juga lumayan komunikatif jadi ada ceritanya juga dan sering mengajak peserta bercengkrama. Pesertanya sebenarnya kadang kurang memperhatikan, lalu untuk isi pengajiannya bagus jadi nyeritain bukan hanya tentang kejadian isra mikraj nya tapi juga nyeritain kejadian lain tentang isra mikraj yang perlu kita ingat dan perlu kita pelajarin lagi. Intinya dengan pengajian isra mikraj kali ini Insyaallah Alhamdulillah bisa menambah wawasan kita dan bisa ngingetin kita tidak hanya melulu dengan pelajaran saja.” Ujarnya lengkap (Pradita AP dan Zainiyah)

Persiapan Matang UNBK, Hari Pertama Lancar

CBT UNBK/Doc.Galih

TIPES – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. UNBK akan serentak dilaksanakan oleh SMA/SMK/MA/SLTA se-Indonesia.

Tak terkecuali di SMA Negeri 7 Surakarta yang turut andil dalam pelaksanaan ujian nasional tersebut. Tidak kurang dari 332 siswa siap mengerjakan soal-soal UNBK secara mandiri pada tanggal 1, 2, 4, & 8 April 2019 yang tinggal menghitung hari.

Dengan tersedianya 120 komputer siap pakai di tiga Laboratorium Komputer diharapkan dapat memperlancar kegiatan UNBK tanpa adanya kendala. Pun dengan para pengawas silang penuh antar sesama SMA se-derajat di Solo yang siap mengawal keberlangsungan ujian.
Terdapat 4 (empat) mata pelajaran yang akan diujikan dalam UNBK. Yakni Bahasa Indonesia di hari pertama, Matematika di hari Selasa, Bahasa Inggris di hari Kamis, dan mata pelajaran pilihan (Jurusan MIPA : salah satu dari Biologi, Fisika, dan Kimia. Sedangkan Jurusan IPS : salat satu dari Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi) pada hari terakhir.
UNBK terbagi dalam tiga sesi waktu pengerjaan, yaitu :
- Sesi 1 : 07.30-09.30 WIB.
- Sesi 2 : 10.30-12.30 WIB.
- Sesi 3 : 14.00-16.00 WIB.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum Aniek Windrayani S.Pd, M.Pd. menuturkan bahwa ujian nasional bukan penentu kelulusan, tetapi pemetaan peringkat sekolah. “Untuk mempersiapkan UNBK agar berhasil dengan baik, maka sekolah mengadakan jadwal khusus menjelang UNBK sejak tanggal 22-29 Maret 2019. Yaitu dengan dibuatnya kelas khusus dimana mata pelajaran Biologi dalam 4 kelas dengan jumlah total 124 siswa, Fisika 2 kelas diikuti 62 siswa, Kimia 1 kelas dengan 11 siswa, Ekonomi 1 kelas diikuti 38 siswa, Geografi 1 kelas dengan 16 siswa, dan Sosiologi 2 kelas diikuti oleh 81 siswa.” Tambah wanita kelahiran tahun 1973 itu.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK hari pertama ini, telah dimonitoring langsung oleh Direktorat Pembina SMA, Drs. Wasito, M. Si. memantau secara langsung pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 7 Surakarta.

Do’a Bersama Sebelum UNBK

SMA Negeri 7 Surakarta pada hari jumat tanggal 29 Maret 2019 melaksanakan doa bersama di Grha Sapta Jaya, doa bersama ini bertujuan agar siswa dan siswi kelas XII sukses dalam UNBK tahun 2019. UNBK SMA Negeri 7 Surakarta diikuti 322 siswa dan siswi kelas XII.

Do’a Bersama Sebelum UNBK

Do’a Bersama Sebelum UNBK

Sisma Sapta Jaya Mengukir Prestasi Lagi

Competition and Creation Warrior Skill of School Paskibra (Cendrawasih) 2K19 adalah kejuaraan Baris berbaris yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh SMA Negeri 2 Ngawi Jawa Timur yang bertempat di lapangan basket SMA Negeri 2 Ngawi. Walau tidak menjadi juara umum tapi Sisma Sapta Jaya tetap mengukir prestasi yang baik. Juara yang diperoleh antara lain :

      1. Juara 2 best danton
      2. Juara 3 best kostum
      3. Pleton terfavorit
      4. Harapan 1
      5. Piala bergilir dari dinas pendidikan Jatim.

    Penampilan Sisma Sapta Jaya

     

    Penampilan Sisma Sapta Jaya

    Sosialisasi USBN, UNBK, dan SBMPTN

    Pada hari Rabu, tanggal 6 Maret 2019 di Grha Sapta Jaya, SMA Negeri 7 Surakarta mengundang wali murid kelas XII untuk mensosialisasikan USBN dan UNBK tahun pelajaran 2018/2019 dan SBNPTN tahun 2019. Dalam acara sosialisasi tersebut disambut oleh Ibu Dra. Adkha Dewi Gayatri, M.Pd, MM selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Surakarta. Tujuan diadakan sosialisasi ini untuk untuk memberikan informasi dan penjelasan kepada wali murid kelas XII .

    Sosialisasi USBN, UNBK, dan SBMPTN

     

    Sosialisasi USBN, UNBK, dan SBMPTN

    PAS dan PTS

     

    PAS dan PTS

    Sekolah sebagai lembaga pendidikan sudah tidak asing lagi melakukan evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar atau lebih. Evaluasi di madrasah/sekolah dikenal dengan istilah ulangan harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Mulai tanggal 18 Pebruari sampai 1 Maret 2019 SMA Negeri 7 Surakarta melaksanakan PTS semester 2 untuk kelas X dan XI dan tanggal 18 Pebruari sampai 27 Pebruari 2019 PAS semester 2 untuk kelas XII. PTS dan PAS ini berjalan sesuai jadwal yang sudah ditentukan dan menempati ruangan sesuai dengan nomor peserta.

    VIOLET CHEERLEADER JUARA KEJURDA

    Violet Cheerleader Juara Kejurda

    Tanggal 17 Pebruari 2019 team VIOLET CHEERLEADER mengikuti lomba Kejurda Di Hartono Mall Solo Baru. Berlatih selama satu bulan dan semangat team Violet cheerleader telah membuahkan hasil dengan mendapatkan juara, diantaranya Gs All Female Juara 4, Gs Mix Juara 1, Rutin Wajib Juara 3, dan Rutin Bebas Juara 3.

    Violet Cheerleader Juara Kejurda

    SMA N 7 Surakarta Ikut Memeriahkan Semarak Jenang Sala

    Ibu Kepala SMA N 7 Surakarta dan Putra Putri Smoephy

    Minggu pagi tanggal 17 Pebruari 2019 Kemarin di Plaza Sriwedari, SMA Negeri 7 Surakarta ikut memeriahkan Ulang Tahun Kota Surakarta yang ke 274 dengan mengikuti Semarak Jenang Sala. SMA Negeri 7 Surakarta membuat Jenang Bekatul sebanyak 100 porsi yang dipercaya dapat menurunkan Kolestrol jahat, memetabolisme lemak, membuat pencernaan jadi sehat, dan masih banyak lagi. Jenang Bekatul buatan SMA Negeri 7 Surakarta laris manis karena banyak percaya dengan kasiatnya.

    Pengunjung ingin merasakan jenang Bekatul

    OJK Mengajar

    OJK mengajar

    OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah  lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya. OJK mengajar adalah salah satu bentuk peningkatan literasi masyarakat Indonesia untuk mengenalkan fungsi dan peran OJK di Indonesia. Dalam kesempatan ini, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengajar sebanyak 150 siswa di Grha Sapta Jaya mengenal OJK dan Industri Jasa Keuangan. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu tanggal 13 Pebruari 2019. Dalam kesempatan tersebut para pelajar juga diperkenalkan dengan beberapa produk dan jasa keuangan, seperti perbankan dan lembaga keuangan lainnya.

    OJK mengajar

    OJK mengajar

     

    Sosialisasi SNMPTN kepada orang tua siswa

    SMA Negeri 7 Surakarta memberikan sosialisasi SNMPTN kepada orang tua/wali murid kelas XII yang terseleksi dan berhak mendaftar ke PTN melalui jalur SNMPTN. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 7 Februari 2019 di Grha Sapta Jaya. Sebanyak 133 siswa kelas XII berhak untuk mendaftar ke PTN melalui jalur SNMPTN. Sosialasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara siswa dan orang tua dalam pemilihan program studi dan mensosialisasikan aturan mengenai kewajiban menjalani SNMPTN apabila SNMPTNnya diterima di universitas  yang dituju. Dalam sosialisasi tersebut berkesempatan hadir Kepala SMA Negeri 7 Surakarta Ibu Dra. Adkha Dewi Gayatri, M.Pd, M.M dan di dampingi oleh Bpk Ibu guru BK.

    Sosialisasi SNMPTN kepada orang tua siswa

     

    Sosialisasi SNMPTN kepada orang tua siswa

     

     

    Next Page »

SMAN 7 Surakarta – v.0.1